Panduan Pemasaran Bisnis Kecil Di Website

ipuipuweb.com – Usaha kecil memiliki banyak hal untuk dikelola, termasuk pemasaran. Panduan ini akan memperkenalkan Anda pada konsep inti pemasaran bisnis kecil.
Ketika Anda adalah bisnis baru atau kecil yang tidak memiliki dana atau sumber daya lain untuk rencana pemasaran skala penuh, apa yang harus dilakukan?

Sebenarnya, Anda dapat melakukan banyak hal dengan apa yang Anda miliki. Panduan ini akan membantu Anda menerapkan strategi pemasaran bisnis kecil tanpa melanggar anggaran Anda.

“Strategi pemasaran bisnis adalah serangkaian taktik yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan bisnis Anda, sekaligus meningkatkan penjualan dan pendapatan melalui akuisisi pelanggan baru,” kata Jayson DeMers, CEO EmailAnalytics.

Steven Jaenke, pendiri dan CEO Digimark Australia, menambahkan bahwa orang mencari untuk memecahkan masalah, dihibur atau diganggu. Jika produk atau layanan Anda memenuhi salah satu kebutuhan ini, Anda akan menarik pelanggan.

Tetapi produk dan layanan Anda tidak dapat berbicara sendiri. Mereka membutuhkan sedikit bantuan, dan di situlah strategi pemasaran masuk.

Bagaimana mengembangkan strategi pemasaran usaha kecil Anda
Langkah pertama untuk mengembangkan strategi pemasaran bisnis kecil Anda adalah memikirkan audiens Anda.

Langkah-langkah berikut dapat membantu Anda mengembangkan rencana dasar dari mana strategi pemasaran Anda yang lebih besar akan terbentuk. Inilah cara mendefinisikan merek Anda dan mulai melibatkan audiens Anda.

Tentukan merek Anda.
Strategi pemasaran Anda tentunya akan berbeda dengan bisnis yang memiliki merek berbeda. Biasanya ketika Anda memikirkan sebuah merek, Anda memikirkan nama perusahaan, seperti Apple atau Sony. Namun, itu tidak semua berarti merek. Jadi, bagaimana Anda mengetahui merek Anda?

“Mengembangkan merek adalah langkah pertama yang komprehensif dalam strategi pemasaran apa pun,” kata Jaenke. “Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi mengapa Anda berada dalam bisnis. Jika orang tidak dapat mengidentifikasi dengan Anda dan mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan, Anda tidak memiliki merek. Bangun kisah merek, tunjukkan bagaimana Anda bisa berbisnis dan mengapa itu dimulai. Nada, tipografi, dan logo juga penting untuk [mendefinisikan] sebuah merek, tetapi tidak sepenting cerita merek. Ini adalah perekat yang menyatukan semuanya.”

Menciptakan kesadaran merek.
Setelah Anda mendefinisikan merek Anda, langkah selanjutnya adalah memastikan orang mengetahuinya. Setiap orang yang mengetahui merek Anda adalah pelanggan potensial.

Melakukan riset pasar.
Jika Anda kesulitan mencari tahu siapa audiens Anda, langkah pertama adalah melakukan riset pasar.

Kumpulkan persona pembeli.
Alat lain yang bermanfaat untuk mendapatkan audiens dan menunjukkan dengan tepat berbagai audiens yang Anda targetkan adalah persona pembeli. Mungkin tampak konyol pada awalnya, menciptakan pelanggan palsu dengan kehidupan dan hobi palsu, tetapi semakin detail Anda masuk, semakin baik.

Temukan audiens target Anda.
Anda tidak dapat menjalankan bisnis yang sukses tanpa pelanggan, itulah sebabnya para ahli dan pemilik bisnis berpengalaman sangat memperhatikan audiens Anda.

Buat situs web.
Bahkan jika Anda tidak berencana untuk menjual produk secara online, sangat penting untuk memiliki situs web. Ketika calon pelanggan menemukan bisnis baru (baru bagi mereka, atau baru secara umum), mereka akan merujuk silang bisnis itu, mencari media sosial dan situs webnya. Situs web bisnis adalah cara yang bagus dan mudah untuk menyampaikan legitimasi kepada audiens Anda.

Hitung anggaran pemasaran.
Anda dapat melakukan semua pemasaran Anda sendiri, tetapi itu mungkin bukan pilihan terbaik Anda. Pertimbangkan untuk menyewa konsultan atau mengalihkan upaya pemasaran Anda ke agen pemasaran bisnis kecil.

Pilih saluran pemasaran.
Saluran pemasaran adalah berbagai cara Anda menjangkau audiens target Anda. Email adalah salah satu saluran pemasaran digital yang populer, seperti halnya Facebook. Setiap platform yang Anda gunakan untuk menjangkau segmen audiens Anda dianggap sebagai saluran yang berbeda.

Mulai ngeblog.
Setelah Anda menentukan audiens Anda dan Anda memiliki situs web dan saluran pemasaran, langkah selanjutnya adalah keterlibatan. Anda ingin berinteraksi dengan pelanggan Anda dan memberi mereka nilai bahkan sebelum mereka menghabiskan uang. Blog Anda adalah alat yang sangat baik dalam hal ini. Ini memungkinkan Anda untuk mengajari mereka hal-hal dan menghasilkan keterlibatan yang menumbuhkan hubungan nyata antara Anda dan pelanggan Anda. Saat kehadiran online Anda tumbuh, Anda akan menemukan bahwa blog Anda dapat menjadi tulang punggung upaya SEO dan keterlibatan Anda.

Siapkan alat online Anda.
Jika sebuah blog adalah langkah pertama Anda dalam keterlibatan, alat media online Anda adalah sisa perjalanan. Halaman Yelp memungkinkan pelanggan untuk memberikan umpan balik langsung, dan Anda dapat menanggapi mereka dengan baik. Halaman Google Bisnis Anda memiliki kekuatan yang sama. Alat media sosial Anda akan lebih efektif karena memungkinkan dialog berkelanjutan antara Anda dan pelanggan. Jika Anda pernah menggunakan Twitter untuk mendapatkan perhatian perusahaan, Anda memahami betapa berharganya media sosial. Siapkan semua alat online Anda sehingga Anda dapat mendorong keterlibatan dan mengembangkan merek Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Comment